Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RUNING TEXT

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SMPIT DAN SMAIT DAARUL 'ILMI TAHUN PELAJARAN 2021/2022 TELAH DIBUKA, SILAHKAN KLIK MENU PPDB UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT.

Hasan Ashari Ajak SDM SIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung Jadi Guru Unggul

 

Raker SIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung 2023/2024


Bandar Lampung - Founder FOREST, Hutan Inspirasi Lampung dan master NLP (Neuro Lingustik Programming) mengajak guru, staf, dan tenaga kependidikan SIT Daarul ‘Ilmi Bandar Lampung menjadi Guru Unggul


Dengan menjadi guru Unggul, akan menunjung tercapainya visi lembaga dengan baik dan tentunya akan mendapat kepercayaan dan dukungan dari masyarakat dan lembaga pendidikan akan berumur lebih panjang.


Hasan, sapaan akrabnya mengatakan, guru yang unggul adalah guru yang mampu melihat masa depan peserta dirik. 


Seorang guru yang unggul juga harus memiliki mindset yang jauh kedepan, skill yang mantap dan bisa menjadi role model bagi setiap orang.


"Setiap hari, seorang guru yang unggul harus siap untuk mengupgrage kapasitas dirinya. Walau Hanya 1% setiap hari. Jika dikumpulkan maka dalam satu tahun akan 37,78%." Ujarnya


Raker SIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung 2023/2024


Hasan juga memberikan analogi seorang guru unggu itu seperti pion.


"Pion itu kecil dan sering diremehkan, tapi selalu berjalan kedepan dan tidak melihat ke belakang. Jika sampai kotak terakhir, pion bisa berubah jadi apapun. Terangnya


Trainer bersertifikat BNSP itu juga menjelaskan 4 rumus untuk mengupgrade kapasitas guru unggul. Dirinya menyebut rumus ABCD Formula. Yakni AHA, Benefit, Contohnya, dan Dengan Demikian.


AHA adalah sesuatu yang baru, penting, menarik dan solutif.


Raker SIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung 2023/2024

Benefit adalah tombol motivasi. Karenanya saat kita memberikan materi di kelas kita harus mencantumkan apa benefit yang didapatkan dan kenapa kita penting belajar materi tersebut.


Contohnya. Saat menjelaskan materi, kita sebagai seorang guru harus memberikan contohnya.


Dengan Demikian, artinya memberikan kesimpulan yang membuat mereka tercerahkan dan termotivasi untuk melakukan. 


"Hal penting dari keempat formula diatas adalah harus memiliki best role dan menjadi role model bagi segenap masyarakat di sekolah. Baik guru, siswa maupun orang tua siswa." kata dia.


Hasan juga menekankan karater sifat buruk yang harus dihindari oleh seorang guru unggul. 


"Agar mudah mengingatnya bapak/ibu guru semua ingat kata SETAN. Suka menyalahkan, Ego sendiri yang dikedepankan, Takut dalam mencoba dan berinovasi, alasannya banyak, dan suka nunda-nunda pekerjaan. Hindari hal ini sekarang juga!" Tegasnya


Diakhir penyampaian materinya Hasan mengajak setiap SDM untuk selalu konsisten dalam menggembangkan diri dan kapasitas keilmuannya hingga menjadi ahli di bidangnya serta menjalankan perannya lebih jauh lagi dari seorang pendidik semata.


"Sebagaimana disampaikan oleh Ki Hajar Dewantara bahwa Guru unggul bukan Hanya mampu mencetak Siswa yang jago menjawab soal pelajaran Tapi juga bisa mengantarkan muridnya menuju jalan Bahagia dan keselamatan." kata Hasan.



Agenda raker yang bertempat Aula SIT Daarul ‘Ilmi Bandar Lampung ini digelar hingga Jumat, 23 Juni 2023 mendatang.


Koordinator Kepala Sekolah (KKS) Drs. Hafizul Muzarli saat membuka acara mengatakan, raker merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap semester dan wajib diikuti oleh Seluruh SDM di SIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung.


SIT Daarul ‘Ilmi Bandar Lampung merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang ada di Jalan BKP Gang Persada II No. 37 Kelurahan Kemiling Raya, Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung.


Posting Komentar untuk "Hasan Ashari Ajak SDM SIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung Jadi Guru Unggul"