Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RUNING TEXT

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SMPIT DAN SMAIT DAARUL 'ILMI TAHUN PELAJARAN 2021/2022 TELAH DIBUKA, SILAHKAN KLIK MENU PPDB UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT.

Pramuka, Bukti Cinta Kepada NKRI.



"Pramuka menjadi kegiatan yang wajib di SMPIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung. Karena hal ini adalah bukti kecintaan kita kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)." begitu ujar Inne Septiani Panggabean, S.Pd. selaku Penanggungjawab kegiatan tersebut.





Hari ini, (23/5/2023) SMPIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung melakukan latihan pramuka di lapangan setempat.


Inne juga mengungkapkan bahwa latihan sandi Morse adalah modul pembelajaran pada latihan pramuka hari ini. 


Dirinya mengatakan sandi morse merupakan kode berupa titik dan garis sebagai pengganti huruf, angka, dan tanda baca yang digunakan pada pengiriman dan penerimaan berita telekomunikasi. 


"Banyak cara untuk bisa berkomunikasi, salah satunya kita diajarkan dalam pramuka adalah menggunakan sandi morse. Anak-anak juga terlatih dan semangat dalam mengikuti latihan ini." kata dia.


 Inne menuturkan Sandi Morse ditemukan oleh seorang seniman asal Amerika Serikat pada tahun 1833, bernama Samuel F.B. Morse. Awalnya, sandi morse digunakan pada telegraf untuk memudahkan penyampaian pesan.


Namun sandi morse temuan samuel ini masih dirasa kurang praktis untuk digunakan dalam skala internasional, maka pada tahun 1851 sebuah konferensi di Eropa tepatnya di Berlin merumuskan ulang rumus sandi morse dan kita gunakan sampai sekarang formulanya. 


"Ada banyak manfaat saat kita belajar sandi morse ini. Diantaranya sebagai media berkomunikasi dan untuk menyampaian pesan rahasia." kata Inne.


Terpisah, wakil kepala SMPIT Daarul ‘Ilmi Bandar Lampung, Nina Apriawati, S.Pd, mengungkapkan, kegiatan Pramuka bertujuan menumbuhkan sifat kemandirian dan menjadi sarana pembentukan sikap disiplin, berani, dan bertanggungjawab.


"Kami berharap, anggota Pramuka di SMPIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung mampu menerapkan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan kode etik dan  janji Pramuka. Terlebih dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari" pungkasnya


SMPIT Daarul ‘Ilmi Bandar Lampung adalah salah satu lembaga pendidikan formal berbasis Islam terpadu (IT) yang tergabung di Jaringan Islam. Terpadu (JSIT) Wilayah Lampung


Sekolah ini beralamat di Jalan Bukit Kemiling Permai Gang Persada II Kelurahan Kemiling Raya Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung.

Posting Komentar untuk " Pramuka, Bukti Cinta Kepada NKRI."