Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RUNING TEXT

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SMPIT DAN SMAIT DAARUL 'ILMI TAHUN PELAJARAN 2021/2022 TELAH DIBUKA, SILAHKAN KLIK MENU PPDB UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT.

Intan Islamia, M.Sc Bagi Tips Berkembang Bareng Generasi Z


Raker SMA IT Daarul Ilmi Undang  Intan Islamia, M.Sc 


Bandar Lampung - Dosen Program Studi Psikologi Islam, UIN Raden Intan Lampung, Intan Islamia, M.Sc membagikan 5 Tips berkembang bareng Generasi Z. Hal itu dirinya sampaikan saat menajdi narasumber rapat kerja (raker) SMA IT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung. Kamis, 21/12/2022


Diawal materinya, Intan memparkan, Remaja berasal dari Bahasa latin yakni “adolescere” yang berarti tumbuh menuju dewasa. Menurutnya masa remaja juga merupakan masa mencari identitas, periode penting bagi fisik dan psikologis. periode perubahan (emosi, tubuh, minat dan pola perilaku, nilai).


"Terkadang juga masa remaja merupakan usia bermasalah (merasa mampu mandiri dan menolak bantuan

dari orang lain) dan usia yang menimbulkan ketakutan. Karena menjadi abang masa dewasannya seorang Anak." paparnya


Intan juga menambahkan, perkembangan fisik remaja pada laki-laki dan perempuan sangatlah berbeda. Pada perempuan ditandai dengan pertumbuhan tulang-tulang, pertumbuhan payudara, pubic hair, bulu ketiak, lebar dan dalam pelvis (pinggul) dan menstruasi. Sedangkan pada laki-laki ditandai dengan testis membesar, pubic hair, ejakulasi/ noctural emissions, bulu ketiak dan dada, rambut halus wajah (facial hair), lebar bahu dan otot membesar juga dan terdapat perubahan suara.


"Selain hal diatas haruslah diimbangin dengan perkembangan kognitif dan perkembangan psikologi yang sesuai dengan jenjangnya" tambahnya


Diakhir penyampaikannya, Intal membagikan tips berkembang dengan generasi Z. Diantaranya:

1. Membangun hubungan “with healthy boundaries"

2. Membangun komunikasi yang hangat antara guru – murid – orang tua

3, Membangun hubungan “with healthy boundaries

4. Being digital

5. Improve Teaching Skill


Raker Yayasan Daarul ‘Ilmi Bandar Lampung yang bertempat Aula SIT Daarul ‘Ilmi Bandar Lampung, dilaksakan sejak 20-23 Desember mendatang.


Raker ini dihadiri oleh pengurus yayasan, pimpinan sekolah, seluruh pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan SMAIT Daarul Ilmi Bandar Lampung.


SMA IT Daarul Ilmi Bandar Lampung merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang ada di Jalan BKP Gang Persada II No. 37 Kelurahan Kemiling Raya, Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung

Posting Komentar untuk "Intan Islamia, M.Sc Bagi Tips Berkembang Bareng Generasi Z"