Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RUNING TEXT

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SMPIT DAN SMAIT DAARUL 'ILMI TAHUN PELAJARAN 2021/2022 TELAH DIBUKA, SILAHKAN KLIK MENU PPDB UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT.

Emilia Zulaiha Zahara Ajak SDM SIT Daarul Ilmi Implementasi Pemikiran KHD



Raker SIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung


Bandar Lampung –  PTP (Pengembang Teknologi Pembelajaran) Ahli Muda dan BGP Provinsi Lampung, Emilia Zulaiha Zahara S.Si., M.M, mengajak guru, staf, dan tenaga kependidikan SIT Daarul ‘Ilmi Bandar Lampung Refleksi implementasi pemikiran Ki Hadjar Dewantara.


Dengan merefleksikan dan mengimplementasi pemikiran Ki Hadjar Dewantara, mampu menjadikan setiap orang menjadi guru dan setiap tempat menjadi sekolah.


Dengan merefleksikan dan mengimplementasi pemikiran Ki Hadjar Dewantara, akan menciptakan suasana belajar yang efektif dan bersahabat.


Demikian dikemukakan Emilia saat menjadi narasumber rapat kerja seluruh SDM Daarul Ilmi beberapa kemarin. Senin, 19 Desember 2022. 


Seluruh SDM didorong untuk bisa memahami mengapa pemikiran Ki Hadjar Dewantara harus diterapkan dalam proses pendidikan. 


Ini diyakini dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang merupakan pusat sebuah peradaban. 


"Membangun dan mengembangkan potensi dan bakat setiap siswa adalah tugas seorang pendidik, tetapi memberikan bekal hidup yang sesungguhnya adalah hal mendasar tidak boleh dilupakannya." ujar Emilia.


Emilia juga menerangkan empat prinsip pembelajaran yang efektif berdasarkan pemikiran Ki Hadjar Dewantara.


Pertama, Kontekstual. Mulailah ngajak dialog dengan siswa dari hal-hal yang kontekstual.


Kedua, Membangun Kemandirian. Bangun kemandirian dalam bersikap, berprilaku dan mengambil keputusan berdasarkan kesadaran diri sendiri. Hal ini tidak akan mudah tergoyahkan oleh orang lain.


Ketiga, Tumbuhkan kesadaran kepada siswa untuk senantiasa belajar setiap saat.


Keempat, Komunikasi. Kunci paling utama adalah membangun komunikasi yang baik dengan siswa agar pembelajaran menjadi menyenangkan.


Emilia juga memberikan tips membangun komunikasi yang baik dengan siswa. 


"Salah satunya adalah sentuh dengan hatinya dan senantiasa libatkan Allah dalam setiap ikhtiar-ikhtiar pembelajaran yang kita lakukan di dalam proses belajar." Kata dia.


Raker Yayasan Daarul ‘Ilmi Bandar Lampung yang bertempat Aula SIT Daarul ‘Ilmi Bandar Lampung, dilaksakan sejak 19-23 Desember mendatang.


Raker ini dihadiri oleh pengurus yayasan, pimpinan sekolah, seluruh pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan SMPIT-SMAIT Daarul ‘Ilmi Bandar Lampung.


SIT Daarul ‘Ilmi Bandar Lampung merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang ada di Jalan BKP Gang Persada II No. 37 Kelurahan Kemiling Raya, Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung

Posting Komentar untuk " Emilia Zulaiha Zahara Ajak SDM SIT Daarul Ilmi Implementasi Pemikiran KHD"