Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RUNING TEXT

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SMPIT DAN SMAIT DAARUL 'ILMI TAHUN PELAJARAN 2021/2022 TELAH DIBUKA, SILAHKAN KLIK MENU PPDB UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT.

Siswa-Siswi SMA Islam Terpadu Daarul Ilmi Ikuti Pelatihan Jurnalistik, Adian Saputra Jadi Pembicara

 

Siswa-Siswi SMA Islam Terpadu Daarul Ilmi Ikuti Pelatihan Jurnalistik, Adian Saputra Jadi Pembicara

Bandar Lampung – Siswa kelas X dan XI SMA Islam Terpadu Daarul Ilmi hari ini mengikuti seminar jurnalistik yang diisi pemimpin redaksi wartalampung.id Adian Saputra. Acara dipandu Khoiri, guru setempat.

Sebelum menjelaskan soal jurnalistik, Adian menjelaskan tentang potensi diri. Ia mendorong siswa untuk menemukan talenta sejak dini.

Dengan mengetahui keunggulan diri, siswa bisa memplot dirinya untuk masa depan. Misalnya dengan menentukan pekerjaan, tempat kuliah, kapasitas yang hendak dibangun, dan hal terperinci lainnya.

Adian mengajak siswa untuk menulis semua kebaikan pada diri mereka. Sehingga, akan terbentuk kepercayaan diri dan membentuk kepribadian.

Dengan begitu, setiap siswa mempunya keunggulan komparatif yang nantinya berguna di masa depan.

Adian mengajak siswa untuk banyak membaca. Dengan banyak membaca, pikiran kita akan terisi dengan nutrisi pengetahuan yang bermanfaat. Itu akan menjadi bahan bakar ketika menulis.

Untuk kelas X yang diminta menulis buku tentang visi dan misi, Adian menganjurkan agar setiap siswa sedari sekarang menyusun peta dirinya. Dengan begitu, mereka akan tahu perencanaan diri mereka sendiri.

Sedangkan untuk kelas XI bisa menulis tema-tema yang populer.

Perihal menulis, Adian memberikan tips singkat yakni dengan menulis apa yang kita rangkum dari satu kejadian. Misalnya seminar hari ini.

Ia meminta semua siswa menuliskan resume menjadi sebuah artikel yang menarik dan diunggah di media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Dengan demikian, siswa akan terlatih menulis pengalaman yang mereka alami hari ini.

Adian juga memberikan kiat menulis dalam kalimat yang pendek-pendek. Setiap kalimat, berdasar ukuran Fog Index, terdiri dari 8 sampai dengan 14 kata.

Selain itu, menggunakan rumus baku kalimat yakni subjek, predikat, objek, dan keterangan atau SPOK.

Posting Komentar untuk "Siswa-Siswi SMA Islam Terpadu Daarul Ilmi Ikuti Pelatihan Jurnalistik, Adian Saputra Jadi Pembicara"