Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RUNING TEXT

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SMPIT DAN SMAIT DAARUL 'ILMI TAHUN PELAJARAN 2021/2022 TELAH DIBUKA, SILAHKAN KLIK MENU PPDB UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT.

SMPIT Daarul Ilmi Bandar Lampung Gelar One Day With Quran

 












SMP Islam Terpadu (IT) Daarul Ilmi Kota Bandar Lampung kembali menggelar agenda rutin Ramadan. Tahun ini agenda diadakan secara daring melalui platform Zoom Metting, Minggu, 18 April 2021.

Kepala sekolah setempat Ustazah Afni, S.Pd.,Gr. mengatakan, agenda tersebut diikuti oleh siswa kelas VII – IX SMPIT Daarul Ilmi Bandar Lampung serta di dampingi oleh orangtua dan keluarga.

“Kegiatan sehari bersama Alquran ini sudah dimulai sejak Sabtu, 17 April pukul 16.00 Wib hingga Minggu 18 April pukul 18.00 Wib,” ujar Ustazah Afni, Minggu.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan, lanjut dia, berupa tilawah Alquran bersama keluarga, webinar di pagi hari bersama siswa dan keluarga bersama ustaz Muhammad Vickry, dan dilanjutkan zoom menjelang berbuka puasa dengan agenda pembagian reward dan sharing.

“Kegiatan ini harapannya dapat menciptakan suasana kehangatan keluarga bersama Alquran serta meningkatkan interaksi dengan Alquran,” ungkapnya.

Hasil capaian tilawah Quran tertinggi acara sehari bersama Alquran, katanya sebanyak 251 lembar atau 25 juz dan perolehan tilawah 6 hari pertama Ramadan sebanyak 60 juz atau 2 kali khatam. “Tabarakallah semoga sebagai penyemangat untuk ananda, keluarga serta seluruh keluarga besar sekolah,” ujar dia.

Selain secara daring, kajian sehari bersama Alquran mengusung tajuk “Inilah Jalan Ninjaku” dengan menghadirkan Qari muda Ustaz Muhammad Vickry juga disiarkan langsung secara Live Streaming di Channel Youtube sekolah.

Diawal pembicaraanya, Ustaz Vickry menyampaikan bahwa tidak ada jalan menuju kebahagiaan dan kemuliaan kecuali dengan aluran. “Maka siapapun yang bersanding dengan Alquran akan menjadi mahluk mulia di muka bumi,” ujarnya.

Ia juga menambahkan ketika manusia menjadi penghafal Alquran berarti akan menjadi keluarganya Allah di dunia. “Dengan Alquran kita akan mendapatkan tiket VIP untuk masuk surga. Insyaallah,” tambahnya.

Ustaz Vickry yang merupakan Pengisi Dai Muda RCTI+ itu juga membagikan lima tips dan trik untuk menghafal Quran. Yakni Niat karena Allah Swt, menggunakan mushaf yang sama sampai khatam, memilih waktu-waktu terbaik, memilih tempat terbaik, dan senantiasa berdoa agar diberikan kemudahan dalam menghafal Alquran.

Pertama, seorang penghafal Alquran itu harus senantiasa menjaga niatnya. Niatkan karena Allah dan untuk mendapatkan pahala dari Allah. “Niat yang lurus akan menghantarkan kepada jalan yang mulus,” ujar dia.

Kedua, menggunakan mushaf yang sama sampai khatam. Supaya mata bisa fokus merekam ayat-ayat pada setiap halamannya. Ketiga, memilih waktu-waktu terbaik. “Biasanya saya memilih waktu seperti malam (sebelum subuh), setelah subuh dan setelah ashar,” rincinya.

Keempat, memilih tempat terbaik. Tempat terbaik itu adalah tempat yang membuat kita nyaman dan tenang ketika membaca dan menghafal Quran. Terakhir senantiasa berdoa dan meminta doa agar diberikan kemudahan dalam menghafal Alquran.

“Sebelum menghafal penting sekali berwudhu dan berdoa kepada Allah dan meminta doa khususnya kepada kedua orangtua agar Allah mudahkan dalam menghafal Quran,” terangnya.

Diakhir penyampaianya Quran Reciter Ammar TV, ia mengajak seluruh peserta mengoptimalkan bulan suci Ramadan untuk membaca dan menghafal Alquran.

“Mari kita isi setiap detik, menit dan waktu di bulan Ramadhan ini sebagai waktu terbaik untuk bersama Alquran,” pungkasnya.

Diketahui, SMPIT Daarul Ilmi Bandar Lampung merupakan salah satu lembaga pendidikan formal berbasis Islam Terpadu (IT) yang tergabung di Jaringan Islam Terpadu (JSIT) Wilayah Lampung. Beralamatkan di Jalan Bukit Kemiling Permai Gang Persada 2 Kelurahan Kemilingraya, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung.

Posting Komentar untuk "SMPIT Daarul Ilmi Bandar Lampung Gelar One Day With Quran"