Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RUNING TEXT

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SMPIT DAN SMAIT DAARUL 'ILMI TAHUN PELAJARAN 2021/2022 TELAH DIBUKA, SILAHKAN KLIK MENU PPDB UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT.

Siapkan Generasi Mandiri Pangan, SMAIT Daarul 'Ilmi Adakan Proyek Ilmiah Budi Daya Ikan dalam Ember

*Siapkan Generasi Mandiri Pangan, SMAIT Daarul 'Ilmi Adakan Proyek Ilmiah Budi Daya Ikan dalam Ember*

Bandar Lampung (13/3). Serial proyek ilmiah di SMAIT Daarul 'Ilmi Bandar lampung terus bergulir. Proyek ilmiah seri ketiga ini berjudul "Budi Daya Ikan dalam Ember" atau yang disingkat Budikdamber. Proyek dimulai dari tahap pelatihan hingga pemanenan, diikuti oleh siswa dan guru SMAIT Daarul 'Ilmi.

Budi Daya Ikan dalam Ember merupakan budi daya ikan sistem aquaponik yang diinisiasi oleh Politeknik Negeri Lampung (Polinela) sejak 2015, tetapi semakin viral dalam satu tahun terakhir seiring dengan wabah yang melanda Indonesia dan dunia.

Pandemi Covid-19 menyelipkan hikmah yang mendalam dalam menguji eksistensi umat manusia. Wabah virus ini menyadarkan begitu pentingnya arti kemandirian terutama dalam hal kemandirian pangan keluarga. Budikdamber menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan ikan dan sayur-mayur tanpa harus memikirkan ketersediaan lahan yang luas.

Proyek ilmiah budikdamber di SMAIT Daarul 'Ilmi dilaksanakan dengan cara melatih siswa melalui praktik langsung di rumah masing-masing, baik secara individu maupun berkelompok. Kegiatan ini diharapkan dapat memunculkan sikap saintifik siswa, diikuti dengan berkembangnya karakter mandiri, kerja sama, dan tanggung jawab.

Mulai dari tahap persiapan hingga panen akan dibimbing langsung oleh Juli Nursandi, Founder Budikdamber Indonesia yang juga dosen di Politeknik Negeri Lampung, bersama dua orang mahasiswa Ahmad Husen Habibullah dan Nurul Hasanah pada program studi teknologi pembenihan ikan.

Pelatihan budikdamber secara virtual dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 Maret 2021, melalui platform Zoom. Kegiatan yang berlangsung selama dua jam ini dimoderatori oleh Kamsuri, guru SMAIT Daarul 'Ilmi dan sekaligus penanggung jawab proyek ilmiah seri ketiga.

SMAIT Daarul 'Ilmi terus bekerja, berkreasi dan berinovasi sesuai dengan visi sekolah ini untuk menyiapkan calon pemimpin di segala bidang, menyongsong Indonesia emas 2045. Sekolah yang berlokasi di Kemiling ini meyakini bahwa sikap santifik, kemandirian, kerja sama, dan tanggung jawab adalah modal dasar bagi pemuda hari ini untuk menjadi pemimpin masa depan.


Posting Komentar untuk "Siapkan Generasi Mandiri Pangan, SMAIT Daarul 'Ilmi Adakan Proyek Ilmiah Budi Daya Ikan dalam Ember"