Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RUNING TEXT

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SMPIT DAN SMAIT DAARUL 'ILMI TAHUN PELAJARAN 2021/2022 TELAH DIBUKA, SILAHKAN KLIK MENU PPDB UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT.

Ari Sulistiyawati, Narasumber Raker SMA IT Darul 'Ilmi Bandar Lampung

 


Bandar Lampung -  Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA IT) Daarul Ilmi Bandar Lampung menghadirkan Ari Sulistiyawati, dosen Univeritas Teknokrat Indonesia (UTI) sebagai narasumber di rapat kerja. Selasa, 20 Juni 2023.


Dirinya membawakan materi tentang "Nilai dan Peran Guru" 


Diawal penyampaiannya Ari mengungkapkan bahwa tahapan perkembangan anak berbeda-beda. 


Ia menerangkan, secara umum tahapan perkembangan anak terbagi menjadi dua. Wiragam dan Wirama. Wiraga adalah anak-anak yang berusia o-16 tahun, dimana kita mengoptimalkan panca indra yang ada, bermain, eksplorasi untuk mengolah rasa dan daya pikir anak.




Sedangkan Wirama, usia 16-24 tahun, kita sudah memberikan beban tanggungjawab, pembiasaan yang selaras dengan sesama dan semesta. 


"Kita sebagai guru saat ini menghadapi anak-anak dengan kategori Wirama." katanya


Ari yang merupakan guru SMAN 2 Gedong Tataan ini juga memaparkan lima kebutuhan dasar manusia.


"Ada kebutuhan bertahan hidup, kebutuhan untuk diterima, kebutuhan pengakuan atas kemampuan, kebutuhan akan pilihan, dan kebutuhan untuk merasakan senang." katanya


Dirinya juga menjelaskan lima nilai dan peran seorang guru. Nilai ini mencakup, berpihak pada murid, kolaboratif, inovatif, mandiri dan reflektif.


Sedangkan peran guru mencakup menjadi pemimpin pembelajaran, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan murid (student agency), dan menggerakkan komunitas praktisi.


"Kita sebagai seorang guru juga harus ingat selalu semboyan yang disebutkan oleh Ki Hajar Dewantara. Ing Ngarso Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa dan Tut Wuri Handayani." pungkasnya


Diakhir materinya Ari mengajak seluruh peserta untuk merefleksi mengenai kompetensinya sebagai seorang guru. 


"Mari kita ingat kembali dan refleksikan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan kompetensi sosial yang selama ini kita jalankan." ajarnya


SMA IT Daarul Ilmi Bandar Lampung adalah salah satu lembaga pendidikan Islam Terpadu (IT) yang tergabung di Jaringan Islam Terpadu (JSIT) Wilayah Lampung.


Sekolah ini beralamat di Jalan Bukit Kemiling Permai Gang Persada II Kelurahan Kemiling Raya Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung

Posting Komentar untuk "Ari Sulistiyawati, Narasumber Raker SMA IT Darul 'Ilmi Bandar Lampung"