Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RUNING TEXT

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SMPIT DAN SMAIT DAARUL 'ILMI TAHUN PELAJARAN 2021/2022 TELAH DIBUKA, SILAHKAN KLIK MENU PPDB UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT.

Sambut Ramadhan SMA IT Daarul Ilmi Gelar Taklim Pelajar

SMA IT Daarul Ilmi Bandar Lampung


Bandar Lampung - Rohis SMA Islam Terpadu (IT) Daarul Ilmi Bandar Lampung menggelar Ta'lim Pelajar di masjid setempat. Senin, 13 Februari 2023


Ta'lim pelajar yang dimulai pukul 16.00 WIB diikuti oleh puluhan siswa dari kelas X-XII SMA IT Daarul Ilmi Bandar Lampung.


Pembina Rohis SMA IT Daarul Ilmi Bandar Lampung, Retno Dwiyanti, S.Pd., mengatakan agenda ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara anggota rohis,


"Selain agenda taklim pelajar, agenda ini ditutup dengan kegiatan buka bersama. Agar sesama siswa dan guru dapat terjalin hubungan yang baik dan memperkokoh tali silaturahmi keluarga besar SMA IT Daarul Ilmi Bandar Lampung." ujar Retno.


Takim pelajar yang mengangkat tema "Menggapai Rahmat Merebut Magfirah Menjemput Bulan Penuh Berkah" ini menghadirkan Zulkarnain, S.Pd. sebagai narasumber.


Zul (sapaan akrabnya) adalah alumnus Univeristas Lampung dan pendidik di salah satu sekolah Quran di Kota Bandar Lampung.


Di awal materi, diawal materi Zul mengungkapkan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan kemuliaan dan bulan penuh dengan beribu kebaikan. 


"Karena itu mari kita tanya pada diri kita sendiri. Sudahkah kita benar-benar mempersiapkan diri untuk menyambut dan membuat target untuk mengisi satu bulan penuh ini dengan kebaikan-kebaikan?. Salah satunya adalah dengan banyak-banyak berdoa di bulan Rajab dan Syaban." kata Zul


Dirinya juga menambahkan ada enam bekal yang harus dipersiapkan dalam menyambut bulan penuh kemuliaan.


Pertama, senantiasa bertaubat kepada Allah. Menurutnya manusia adalah mahluk yang penuh khilaf dan kesalahan, karenanya bertaubat menjadi sebuah keharusan.


Kedua, senantiasa berdoa. 


"Salah satu doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah "Allahumma barik lana fi rajaba wa syabana wa balighna Ramadana". "Ya Allah, berkahilah umur kami di bulan Rajab dan Syaban serta pertemukanlah kami sampai bulan Ramadan". Tambahnya 


Ketiga, memperdalam ilmu-ilmu mengenai puasa, seperti apa rukun puasa, hal-hal yang membatalkan puasa dan apa saja yang menjadi hikmah puasa dan keutamaan bulan ramadhan itu sendiri.


Keempat, persiapan fisik. Zul menjelaskan, puasa adalah ibadah yang membutuhkan fisik yang prima, dan kondisi badan yang sehat. 


"Yuk, jaga kesehatan tubuh dengan olahraga dan mengonkumsi makanan yang mengandung sayur, gizi dan jaga pola istirahatnya." ujarnya


Kelima, melunasi hutang puasa yang masih ada di tahun sebelumnya


Keenam, perbanyak ibadah sunnah lainnya seperti qiyamullail, sholat duha dan lain sebagainya


Umi Larasati, salah satu peserta taklim pelajar dari kelas XII mengungkapkan dirinya senang dan berterima kasih kepada narasumber yang sudah memaparkan materinya dan mengapresiasi agenda buka bersama.


"Alhamdulillah senang, harapannya program taklim pelajar dan buka bersama ini bisa terus berjalan dan kedepan bisa mengundang alumni agar ikatan persaudaraannya tetap terjaga." pungkasnya.


SMA IT Daarul Ilmi Bandar Lampung merupakan salah satu lembaga pendidikan berbasis Islam Terpadu (IT) yang bernaung di bawah Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) di Bandar Lampung.


Sekolah ini beralamat di Jalan BKP Gang Persada II Nomor 37 Kelurahan Kemiling Raya, Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung

Posting Komentar untuk " Sambut Ramadhan SMA IT Daarul Ilmi Gelar Taklim Pelajar"