Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RUNING TEXT

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SMPIT DAN SMAIT DAARUL 'ILMI TAHUN PELAJARAN 2021/2022 TELAH DIBUKA, SILAHKAN KLIK MENU PPDB UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT.

SMP IT Daarul Ilmi Gelar Program Siswa Mengabdi

Dokumen SMPIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung - Siswa Mengabdi

Bandar Lampung – SMP Islam Terpadu (SMP IT) Daarul 'Ilmi Bandar Lampung kembali menggelar program unggulan berupa siswa mengabdi untuk seluruh siswa siswi yang duduk dibangku kelas IX SMPIT Daarul 'Ilmi pada Senin (10/10/2022) di Desa Trimulyo, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran.


Dokumen SMPIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung - Simbolis Pelepasan Siswa Mengabdi


Dokumen SMPIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung - Simbolis Pelepasan Siswa Mengabdi



Program tersebut dilakukan sebagai bentuk implementasi nilai-nilai positif secara nyata kepada siswa siswi SMPIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung.


Andry Gunawan, S.Pd., selaku ketua pelaksana sekaligus wali kelas IX SMPIT Daarul 'Ilmi mengatakan program tersebut akan dilaksanakan selama satu pekan dengan berbagai kegiatan.


“Program ini dilaksanakan selama satu pekan dengan berbagai kegiatan, diantaranya anak anak diminta untuk belajar mendampingi adik adik mereka di SD, PAUD dan TPA,” ujar dia.


Andry mengharapkan kepada para siswa yang mengikuti program tersebut agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih mandiri setelah kegiatan SM ini.

Dokumen SMPIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung - Siswa Mengabdi

“Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan siswa siswi yang memiliki karakter mandiri, empati, dan bertanggung jawab,” kata dia lagi.


Senada dengan Andry, Kepala Sekolah SMPIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung Afni, S.Pd., Gr. menyampaikan bahwa pihak sekolah menginginkan anak didiknya menjadi pribadi tangguh yang memiliki banyak manfaat bagi masyarakat.

Dokumen SMPIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung - Siswa Mengabdi



“Dalam program ini, kami dari pihak sekolah menginginkan mereka agar menjadi anak yang tangguh, mampu bertanggung jawab dengan kehidupannya, dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi,” ujar dia.


Afni memaparkan, Siswa Mengabdi (SM) adalah bentuk nyata pembelajaran dari semua aspek. Mulai dari mengasah keberanian siswa, mengasah rasa percaya diri siswa, menumbuhkan jiwa enterpreneur siswa, menumbuhkan rasa empati siswa, menumbuhkan jiwa sosial dan sebagai sarana siswa untuk bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.


Adapun rangkaian program kegiatan SM tahun ini diantaranya adalah:

Dokumen SMPIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung - Siswa Mengabdi



1. Melibatkan Siswa/i agar aktif dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Yakni dengan menjadikan siswa sebagai mentor, dan kegiatan di luar kelas dengan menjadikan siswa sebagai kakak asuh. Siswa terlibat aktif pada kegiatan pramuka atau kegiatan lain seperti pentas seni di lingkungan sekolah.

2. Menugaskan siswa secara bergilir untuk memberikan tausiyah/ pesan agama kepada jamaah masjid setiap selesai salat subuh dan selesai salat maghrib.

3. Mengumandangkan azan di masjid ketika waktu salat tiba.

4. Wajib memiliki 2 adik asuh usia TK sampai kelas 4 SD, dan memastikan siswa membina adik asuhnya. Diantara pembinaan siswa terhadap adik asuhnya adalah mendampingi dalam pembelajaran sekolah, membimbing menghafal beberapa surat-surat pendek yang ada dalam Al Qur’an, termasuk doa sehari hari.

5. Membantu dan mengikuti kegiatan orangtua asuh, baik kegiatan di rumah atau kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan orangtua asuh (ke sawah, ke kebun atau ternak ikan)

6. Mengadakan kegiatan-kegiatan lomba bagi adik-adik asuh.


"Semua kegiatan siswa/i dalam pantauan dan arahan bapak dan ibu guru yang turut mendampingi siswa dilokasi SM." ujarnya.


Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di lokasi Siswa Mengabdi harus selalu mendapatkan evaluasi bersama, supaya kegiatan SM di tahun berikutnya lebih berkualitas, lebih bermakna dan lebih dirasakan kebermanfaatannya bagi masyarakat yang dijadikan sebagai lokasi SM umumnya dan bagi siswa SMPIT Daarul ‘Ilmi khususnya.


Terpisah, Sigit Maryanto dan Novianti orang tua dari Ananda Altamis Tristan Al Sigmanova mengatakan program Siswa Mengabdi SMPIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung ini berdampak positif dalam membentuk kemandirian dan rasa tanggungjawab seluruh siswa.

Dokumen SMPIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung - Siswa Mengabdi


"Kami sebagai orang tua Ananda Tristan, sangat bangga dan bahagia karena putra kami akan belajar mengimplementasikan diri menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain. Sebagaimana nasehat Rasul bahwa sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi yang lain." pungkasnya. 


SMPIT Daarul ‘Ilmi Bandar Lampung adalah salah satu lembaga pendidikan formal berbasis Islam Terpadu (IT) yang tergabung di Jaringan Islam Terpadu (JSIT) Wilayah Lampung.


Sekolah ini beralamat di Jalan Bukit Kemiling Permai (BKP) Gang Persada II Kelurahan Kemiling Raya Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung

Posting Komentar untuk " SMP IT Daarul Ilmi Gelar Program Siswa Mengabdi"